Home

Tentunya setiap wanita Muslimah ingin menjadi ahli Surga. Pada hakikatnya wanita ahli Surga adalah wanita yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Seluruh ciri-cirinya merupakan cerminan ketaatan yang dia miliki. Di antara ciri-ciri wanita ahli Surga adalah :

  1. 1. Bertakwa.
  2. 2. Beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, hari kiamat, dan beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.
  3. Bersaksi bahwa tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadlan, dan naik haji bagi yang mampu.
  4. Ihsan, yaitu beribadah kepada Allah seakan-akan melihat Allah, jika dia tidak dapat melihat Allah, dia mengetahui bahwa Allah melihat dirinya.
  5. Ikhlas beribadah semata-mata kepada Allah, tawakkal kepada Allah, mencintai Allah dan Rasul-Nya, takut terhadap adzab Allah, mengharap rahmat Allah, bertaubat kepada-Nya, dan bersabar atas segala takdir-takdir Allah serta mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan kepadanya.
  6. Gemar membaca Al Qur’an dan berusaha memahaminya, berdzikir mengingat Allah ketika sendiri atau bersama banyak orang dan berdoa kepada Allah semata.
  7. Menghidupkan amar ma’ruf dan nahi mungkar pada keluarga dan masyarakat.
  8. Berbuat baik (ihsan) kepada tetangga, anak yatim, fakir miskin, dan seluruh makhluk, serta berbuat baik terhadap hewan ternak yang dia miliki.
  9. Menyambung tali persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya, memberi kepada orang, menahan pemberian kepada dirinya, dan memaafkan orang yang mendhaliminya.
  10. Berinfak, baik ketika lapang maupun dalam keadaan sempit, menahan amarah dan memaafkan manusia.
  11. Adil dalam segala perkara dan bersikap adil terhadap seluruh makhluk.
  12.  Menjaga lisannya dari perkataan dusta, saksi palsu dan menceritakan kejelekan orang lain (ghibah).
  13. Menepati janji dan amanah yang diberikan kepadanya.
  14. Berbakti kepada kedua orang tua.
  15. Menyambung silaturahmi dengan karib kerabatnya, sahabat terdekat dan terjauh.

Demikian beberapa ciri-ciri wanita Ahli Surga yang kami sadur dari kitab Majmu’ Fatawa karya Syaikhul Islam Ibnu Tamiyyah juz 11 halaman 422-423. Ciri-ciri tersebut bukan merupakan suatu batasan tetapi ciri-ciri wanita Ahli Surga seluruhnya masuk dalam kerangka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Allah Ta’ala berfirman : “ … dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam Surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai sedang mereka kekal di dalamnya dan itulah kemenangan yang besar.” (QS. An Nisa’ : 13)

Wallahu A’lam Bis Shawab.

About these ads

122 thoughts on “Ciri Wanita Muslimah Ahli Surga

    • assalamu’alaikum warohmatullahiwabarokatuh,,

      afwan, smoga kita dapat menjadi lebih baik yang selalu ingat kepada Allah swt

      aku benar-benar ingin menjadi wanita muslimah yang cinta kepada Allah

  1. assalamu’alaikum……………

    kamu uda bisa njelasin wanita ahli surga

    kamu sendiri gmn?uda jd ahli surga lom

    kunjungi aq di warusantren.blogspot.com

  2. Al hamdulillah sudah banyak blog yang berisi tentang keislaman yang akan memporakporandakan kebatilan
    fajar islam akan segera tiba, sambut seruan islam dengan semangat beramal
    marilah kita berlomba dalam kebaikan-fatbaiqul khoirat.

  3. alhamdulilah atas berkat rahmat allah….ada blok spot yang menyajikan kepribadian wanita muslimah yang ahli surga….. kalau boleh kenalin donk…sama cewek itu biar kupersunting jadi istriku fidunya wal ahiroh….amin…

  4. السلام عليكم.
    apakah wajib hukumnya bagi wanita menutupi seluruh badannya (dari mulai rambut sampai kaki)?

  5. ass……………

    Q pNgen bgtzZZZZZZ jd wanita muslimah yg bNer2 muslimah N yG kelak m’jD bida@ri d syurga………………………amiennnnnn

  6. menjalankan islam dimulai dengan yang mudah dan diterima akal serta hati kita agar proses menjalaninya tak ada beban

  7. kepada semua pembalas di atas, nasihat ana, jangan mudah mengalah. ingatlah, sebenarnya mudah sahaja untuk menjadi wanita solehah di sisi allah. ingat, tutuplah aurat kalian di samping beramal dengan ilmu yang telah di ajar oleh rasul kita. insyaAllah, kasih allah akan bersama kita. biarlah kita menjadi hipokrit sesama manusia daripada menanggung azab yang amat pedih di akhirat kelak. wallahualam.

  8. assalmu alaikum…!!!

    alhamdlilah, skrg sya mncoba u menjdi yg sprti itu, mnjd seorang wnita y mslimah,,,!!!
    sya berharap saudara dpat membimbing sya u mewujudkan hl tersebut…!!!
    melalui email sya ini : ika_nur88@ymail.com smg tips2 yg anda brikan bs membantu sya.
    syukran….!!!

  9. assalamualaikUm ..

    mhon djawab y ..

    gmna kalo seoRang muslimah itu terlalu dekat dgn sahabat pria nya , dan dia sudah menganggap sahabat nya ituh sebagai kelusarga nya sendiri, pdhal dia tetap lah seorang laki2 yang bukan muhrimnya ??

  10. Asslmualikm
    smua wanita psti bsa sprti bla dmulai dg niat dri dlm hati krn Allah
    bla niat sdah ddlm hati
    InsyaAllah kn mridhoi
    amin

  11. subhanallah………..
    sesungguhnya menjadi wanita muslimah sejati dan ahli syurga adalah impian setiap wanita muslim……………

  12. assalammualaikum wr.wb
    saya senang sekali membaca artikel ini.saya rasa semua wanita di dunia ini menginginkan untuk menjadi wanita yang muslimah,hanya saja mungkin hidayah Allah belum mengenai dirinya.
    sebagai muslim,tentu saya ingin menjadi hamba yang taat padaNya, tapi bagaimana untuk menjalani itu semua..saya pun berharap, nanti akan ada pendamping hidup yang bisa membawa saya dalam kerinduan akan rahmat Allah SWT.sungguh saya masih mencari akan kebenaran akan kebenarang yang sudah ada namun tetap di dalam hati terasa ragu!!!tolong bantu saya untuk memahami arti hidup agar tak ada rasa penyesalan dalam hidup ini…..

  13. saya mau nanya, boleh kan….

    pertanyaan saya bagaimana jika ada seorang wanita yang semula menggunakan jilbab tetapi sekarang dia tidak menggunakan jilbab (melepasnya) tanpa alasan yang jelas.

    saya mau nanya apa hukumnya? apa yang didapat wanita itu dari allah SWT? bagaimana cara menyadarkan dia agar memakai jilbab lagi?

    trims, ass.

  14. askum……..

    pingin jg dwonk jd wanita muslimah sejati
    dan ahli syurga. semoga qta semua bisa jadi
    seperti ntu,AAaaaaamiiiennnn

  15. assalamualaikum…………
    kepingin deh jadi salah satu wanita surga
    ,,,

    tpi,,ana udh coba tpi kok gx bisa sprti itu…

    doain aja ya akhi…
    amien
    jazakillah akhi=}

  16. Pingback: Warta Warga » Blog Archive » wanita

  17. dambaan setiap wanita adalah menjadi seorang wanita shalihah dan menjadi ahli surga. tapi, apakah semua itu bisa terwujud? sementara godaan datang silih berganti.

  18. Assalamu Aliakum Wr.Wb
    Sungguh beruntung wanita yang bisa menjaga dirinya dari segala godaan Syaitan…………
    Bagaiman yach caranya menjadi wanita Shaleha, N Gimana Kriteria/ Ciri2X………..

  19. artikel anda sangat sempurna, akan tetapi walaupun kita tau akan semua ciri-ciri tersebut tanpa memahaminya itu ng’ ada reaksinya terhadap para wanita. maka saya anjurkan sebelum anda menjadi wanita muslimah kita para wanita haruslah membekali diri dengan ilmu biar wawasan kita di dunia intelektual lebih muda memahami dan menerima semua yang ada manfaatnya bagi wanita-wanita muslimah terutama di negeri yang tercinta ini. dan jangan hanya berpatokan pada suatu artikel tapi harus lebih banyak tau gituuuueeeee… ALBI

  20. assalam wr.wb………wahai kaum hawa btapa muliax engkau jka kau mau snantiasa mnjaga dirimu…….ya jaga dri dari terkaman serigala yg haus akn darah sucimu jgn egkau bru berteriak ktika tubuhmu dicabik2x…………..tdk ada pilihan lain selain engkau senantiasa berIMAN dan BERTAQWA PD ALLAH SWT dan mgikuti sunnah NABIULLAH MUHAMMAD S.A.W………..JGN tingal menunggu hidayah tp jemptlah hidayah itu,,,,,,,,,rajin ikut majelis ilmu, kajian tabiyah baca buku dll….S M A N G A T ALLAHU AKBAR…….

  21. assalamu`alaikum wr. wb
    wanita sholehah yang slalu diidam-idamkan oleh semua wanita…..
    tapi banyak di zaman sekarang ini, wanita takut dibilang ga` ikutin tren zaman sekarang…..
    wahai kaum hawa jadilah seorang wanita yang Allah perintahkan didalam al-qur`an…..

    janganlah ikuti hawa nafsu karena HIDUP HANYA SEMENTARA..

  22. menjadi wanita muslimah itu mng gg gmpang…
    ya muhaarib .. wanita muslimah sulit u/ dicari di zaman ini…
    ya muslimah.. semangat..!! dan beringinlah u/ mnjadi berlian dimata Allah
    amin ^_^ ..

  23. subhanallah..
    menjadi wanita surga adalah impian setiap muslimah.
    memang sulit untuk menjadi wanita surga, tapi aku berharap semua muslimah menginginkan hal itu dengan usaha untuk menggapai cinta Allah dengan menjadi wanita surga di surgaNYA Allah. amin begitupula dengan aku.. ^_^ insyaallah setiap muslimah mendapatkan Cintnya Allah.. amin..

  24. asslam..hai temen semua…bila ada niat berubah jangan pernah ucapkan “ingin”….tapi ucapkanlah ” SAYA HARUS BISA MENJADI WANITA SHALIHAH” dengan niat yang mantap dan kekhusukan akan tercapai, kata orang tua “INGIN” adalh angan – angan saja…..

  25. assalamu’alaikum….ikhwan wa akhwat.
    saya ingin skl menjadi muslimah yang slalu ta’at kpd prnth ALLAH,menghormati ortu,yang plng tua,srt menyayangi anak2 yatim kecil N menyantn fakir miskin…………mdh2n Allah memberikan jalan keridhoannya
    Amiiiiiiiiiii………..n

  26. Assalamu’alaikum..
    bagaimana sih… untuk menjaga tingkah laku serta perbuatan kita agar menjadi wanita muslimah ????

  27. tiada y mdh tuk jd yg terbek di dunia ni!!!
    Allah tu maha adil tiada paksaan bg makhluk ciptaannya, pokok pgkal kita lkukn sesuatu ikhlas dari ati demi Allah s.w.t!!!!!

  28. alhamdulillah… saya sudah mengenakan jilbab… sekrang saya benar2 bersyukur kpd allah swt krna saya dberi ksempatan untuk mngenakan jilbab…n saya ingin m’jdi seorang muslimah……………………

  29. assalm??????????????????????????ne han aku pengen jadi muslimah tapi aku malu kepada tuhan
    gman acaranya untuk mengembalikan diri aku sendiri

  30. Assalamu’alaikum..
    .. Wanita yg menghncurkan..
    Wanita pula yg mnyelamatkan..
    smga Kta kaum hwa bsa mnjdi wnita yg mnyelamatkan dnia ini,, mnjdi wnita yg sholehah ..
    Amin..

  31. Assalamu’alaykum.wr.wb
    Subhanallah ,
    menjadi wanita muslimah adalah cita2 ana ,harus banyak belajar .sukron katsiro atas berbagi ilmunya.
    Semoga Allah swt , memberikan petunjuk, rakhmat serta hidayahNya kpd kita .Dan menjadikan kita sbg Ahli Surga ,,
    Amin yaa Robbal’alamiin
    wassalamu’alaykum.wr’wb

  32. Assalamualaikum….subhanallah jika telah ada wanita muslimah yang sperti ciri2 trsbt. Allah bimbinglah aku agar bisa menjadi wanita muslimah calon penghuni surgamu.amin…

  33. Pingback: KELEMBUTAN SEORANG WANITA « Panritacikal

  34. assalamu’alaikum wr.wb
    subhanallah, sungguh indahnya dunia bersama wanita muslimah
    sedikit ilmu ini semoga membuat kita menjadi muslimah yang dicintai Allah. Amin
    wassalamu’alaikum wr.wb

  35. assalamualaikum….

    saya ingin sekali menjadi wanita yg muslihah dan alhamdulilah sudah saya coba. tp knp ya saat qta sudah mantap selalu ada aja cobaan atw godaan?
    terkadang saya merasa sedih dengan keimanan saya….

  36. YA ALLAH semoga kiranya saya menjadi seorang wanita yang selalu senan tiasa beribadah kepasa MU dan menjadi Salah satu orang terpilih yang mendiami surga Mu…
    Amiiiin…

  37. Assalamualaikum..
    De pengen bnged menjadi wanita muslimah. .
    Tp de btuh orang2 yg br ngebimbing n support de . .
    Tlg bntu de y. .

  38. alasan wanita untuk menjadi muslimah sejati kok g pada masuk akal.pertama-tama tanamkan dalam hati bahwa menutup aurat itu wajib hukumnya.coba itu dulu yang diupayakan.karna itulah yang banyak menyebabkan dosa..sembari belajar pelan2,pelajari satu ilmu amalkan,dpt satu ilmu lg amalkan dan bgt selanjtya…tak usah buru2.tdk mungkin sikap n sifat seseorang it bs berubah dlm waktu singkat….ingat,termasuk jihad seseorang yg merubah dirinya dari kesesatan menuju jalan Allah…

  39. Assalamu’allaikum wr. wb….
    Syukron, saudaraku atas ilmu’nya…
    Subhanallah ini sgt bermanfaat bagi ana jg tentunya bagi semua akhwat muslimah…
    Barokallahu……

  40. Semoga sya Bisa menjadi wanita muslimah yg sesuai dng agama & di mata tuhan Dan para Nabi… Wlu pun kini blm begitu sempurnah sbg wanita muslimah,,,

  41. Ass. Wr. Wb
    hai wanita muslimah krn km sdh tau klo menutp aurat wajib knp skrg km melanggarx, jngn blg klian blm siap dgn alsn2 yg tdk msk akal. Krn sesungguhx kt tdk tau kpn kt akn mati jd brubahlah mulai skrg jngn menunda2x.

  42. ASLM,kyk mana ya biar ana bisa menjadi MUSLIMAH yg sejati????????????????????? and selalu bertawakal ke pada ALLAH????????????

  43. setiap muslimah bisa menjadi muslimah yang solehah dan sejati asalkan ada niat tulus ikhlas dan selalu berikhtiar dan meminta keridho-an dari Allah SWT Aamiin :)

  44. betapa bahagianya apabila mempunya istri yang solihah, rajin ibadah dan taat kepada suami…. dunia indah bagaikan di surga saja…

  45. nikmat apa lagi yang engkau dustakan, sesungguhnya allah maha mengetahui segala sesuatu….maha suci engkau ya allah segala fuji bagimu ya rob…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s