Apakah Rokok itu Haram?

Standard

Pada hari ini banyak sekali orang-orang islam terutama yang awam telah terkecoh oleh pemikiran yang dangkal! salah satunya yaitu menghalalkan rokok?! Rokok memang belum ada di masa Rosulullah Shallallohu alaihi Wa Sallam. Namun Islam telah datang dengan prinsip-prinsip yang umum yang mengharomkan setiap perkara yang membahayakan fisik atau mengganggu orang lain atau merugikan harta.

Berikut ini dalil-dalil tentang hukum rokok:

  1. ‘Dan Allah menghalalkan bagi mereeka semua perkara yang baik dan mengharomkan semua yang buruk’ (Qs Al-
    A’raaf : 157). Rokok termasuk hal yang buruk yang memudhorotkan lagi busuk baunya.
  2. ‘Dan janganlah kalian menjatuhkan diri sendiri dalam kebinasaan’ (QS. Al- Baqarah : 195). Rokok menimbulkan penyakit-penyakit yang membinasakan seperti kanker, TBC, dan lain-lain.
  3. Firman-Nya (yang artinya) : ‘Dan janganlah kalian membunuh diri-diri kalian’. Rokok membunuh jiwa secara peerlahan.
  4. Allah berfirman tentang bahaya khamr (artinya) : ‘Dan dosanyalebih besar daripada manfaatnya’. Bahaya rokok pun lebih besar dari manfaatnya, bahkan keseluruhannya merupakan kemudharatan.
  5. ‘Dan janganlah engkau menghambur-hamburkan harta dengan boros, sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara setan’ (QS Al-Isra’ : 26-27). Rokok adalah pemborosan dan penghambur-hamburan terhadap harta, termasuk amalan setan.
  6. Rasulullahu Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Tidak boleh ada kemudhorotan, tidak boleh ada perbuatan yang memudhorotkan’ (Hadits shohih diriwayatkan oleh Imam Ahmad). Rokok memudhorotkan (membahayakan) pengisapnya, mengganggu orang-orang diekitarnya dan memboroskan harta.
  7. Beliau pun bersabda: ‘Dan Alloh membenci bila kalian membuang-buang harta’. Rokok merupakan pembuang-buangan terhadap harta maka Alloh membencinya.

Semoga dengan artikel ini, umat islam(terutama orang awam) menjauhi perkara yang samar-samar. Dan dapat meneguhkan umat islam di atas jalan kebenaran.

sumber : majalah elfata

4 responses »

  1. Pingback: Pantas Nggak sih jika Seorang Kiai atau Ulama Merokok … ??? « Ganryukg’s Blog

    • Nggak pantes banget. Pernah saya hadir di pengajian dengan seorang ustadz penceramah, materinya bagus dan cara penyampaiannya juga menarik. Setelah selesai ceramah, beliaunya merokok, toeng ….. langsung hilang rasa hormat saya thd beliau…

  2. Great posting…!
    Saya setuju banget kalo rokok sama sekali ga punya manfaat positif. Jika perokok mengatakan bahwa dengan merokok, mereka jadi lebih bersemangat, bisa konsentrasi, kelihatan lebih macho.. buat saya itu cuman sugesti saja…. Banyak mudharat yang timbul dari kebiasaan merokok….. Baik dari segi kesehatan, finansial, sosial, dll.
    Misalnya saja jika sehari seseorang mengkonsumsi rokok sebungkus dengan harga Rp. 10.000,- dalam sebulan mereka sudah “membakar” Rp. 300.000. Setahun?? Rp. 3.600.000,-
    Dan seterusnya…. Banyak hal yang bisa dibeli dengan uang sebanyak itu kan? Mirisnya, banyak rakyat miskin yang lebih mengutamakan beli rokok ketimbang memperhatikan biaya pendidikan anak-anaknya.
    Dan yang menyedihkan, beberapa bulan yang lalu saya baca koran lokal, Indonesia masuk dalam jajaran TOP 5 konsumen rokok sedunia….. Ckckckkk….

  3. Pingback: Yang menarik dari kucing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s