Nasihat untuk Orang Tua

Standard

Hendaklah kita sebagai orang tua benar-benar memperhatikan kehidupan akhirat anak kita. Adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam hal ini di antaranya :

  1. Memperbaiki diri kita sendiri, sehingga kita benar-benar menjadi orang tua yang shalih dan patut untuk diteladani. Karena pada keshalihan kita dan dengannya pula, anak-anak kita akan istiqomah dan senantiasa dijaga oleh Allah subhanahu wata`ala.  “Sedang ayahnya adalah seorang yang shalih” (QS. al-Kahfi: 82).
  2. Menjadikan pendidikan Islam sebagai tujuan utama, bukan berarti melarang untuk belajar ilmu-ilmu tehnik keduniaan, hanya saja porsi yang diberikan tidak sebesar perhatian kita kepada akhirat mereka. “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” (QS. al-Qashash: 77)
  3. Hendaklah kita bertaqwa kepada Allah Azza wa Jalla dalam menjaga kemashlahatan mereka, karena anak-anak kita adalah amanah yang akan Allah Ta`ala pinta pertaggung-jawabannya. “Tidaklah seorang hamba diberikan kepemimpinan oleh Allah Ta`ala ia mati sedangkan pada saat matinya ia berbuat curang terhadap rakyatnya (yang dipimpin), melainkan Allah akan mengharamkan surga baginya.” (Muttafaq ‘Alaih)
  4. Hendaklah para orang tua memperhatikan kisah Luqman yang diabadikan Allah tabaraka wa ta`ala dalam al-Qur’an tentang wasiat yang ia sampaikan kepada anaknya tercinta. Betapa Luqman menyeru anaknya kepada sesuatu yang membuatnya dapat meraih kebahagian hidup yang hakiki serta menyelamatkannya dari adzab yang pedih, yakni :
    • Melarang anaknya dari menyekutukan Allah Ta`ala.
    • Bersegera mengerjakan ibadah kepada Allah Ta`ala
    • Mendirikan shalat,
    • Memerintahkan pada kebaikan,
    • Mencegah kemungkaran,
    • Menyuruhnya untuk berakhlak yang baik, yang dengannya dirinya akan menjadi mulia dan tinggi kedudukannya,
    • Melarangnya bersikap sombong terhadap manusia dan merendahkan mereka,
    • Berjalan di bumi Allah Ta`ala dengan rendah hati dan lembut dalam berbicara,  (Lihat QS. Luqman: 13-19)
  5. Hendaklah orang tua mengetahui dan mengajarkan anaknya bahwa dunia ini adalah fana dan dia bak fatamorgana yang mengelabui mata. Dan bahwa kusuksesan yang hakiki adalah membatasi diri dan keinginan hanya pada sesuatu yang diridhai Allah ta`ala, bertakwa dan ta’at kepada-Nya.
  6. Hendaklah para orang tua bersungguh-sungguh dalam mendidik dan menjaga mereka dari hal-hal yang merusak serta tidak menyia-nyiakan mereka sebelum datang penyesalan yang tidak ada arti dan sebelum kehinaan menimpa mereka pada hari yang tidak ada gunanya lagi semua yang disesali. Wallahu Ta’ala a’lam.

Oleh: Abu Nabiel Muhammad Ruliyandi, Sumber: Disadur dari artikel yang berjudul “Risalah Ila Ba’dhi al-Abaa’,” Daar al-Qasim, Riyadh Muraji’: Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin, dinukil dari alsofwah.or.id

4 responses »

  1. Assalammu’alaikum wr.wb.
    Menurut ana sebagai orang tua memang mudah mengucapkan tapi terkadang kita sulit mengaplikasinya dalam bentuk tindakan karena faktor external lebih dominan membentuk watak dan jati diri anak kita.
    Bila internal rumah tangga sudah sakinah Insya Allah masa depan anak juga lebih tertata baik dan sebaliknya bila dilingkungan rumah tangga kita kurang harmonis dan curhat anak jarang terjadi dan komunikasi tidak dua arah maka timbul kesalah pahaman dan emosi sehingga keretakkan rumah tangga bisa terjadi.
    Hal inilah tuntunan Islam harus dijalankan secara istiqomah dan harmonis hubungan anak dan orang tua atau orang tua dengan Allah Ta’ala.
    Sekalilagi mudah diucap yapi sulit dikerjakan.
    Demikianlah realisasi dan romantika kehidupan rumah tangga yang tidak ada kesamaan antara yang satu dengan yang lainnya.
    Bilahil Taufik wal hidayah
    Jazakummalahu khair
    Wassalammu’alaikum wr.wb

    IKHWAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s