Syarat Mengikuti Nabi dalam Ibadah

Standard

Mutaba’ah (mengikuti Nabi Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam) tidak akan tercapai kecuali apabila amal yang dikerjakannya sesuai dengan syariat, dalam enam perkara :

Pertama : Sebab. Jika seseorang melakukan ibadah dengan sebab yang tidak disyariatkan, maka ibadah tersebut adalah bid’ah dan tidak diterima.

Contoh : shalat tahajjud pada malam 27 Rajab, dengan dalih bahwa malam itu adalah malam mi’raj Rasulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam (dinaikkan ke atas langit). Shalat tahajjud adalah ibadah, tetapi karena dikaitkan dengan sebab tersebut maka menjadi bid’ah. Karena ibadah tadi didasarkan atas sebab yang tidak ditetapkan oleh syariat. Syariat ini penting, untuk membedakan amalan sunnah atau bid’ah.

Kedua : Jenis. Ibadah harus sesuai jenis yang telah disyariatkan. Jika tidak, maka ibadah itu tidak akan diterima. Contoh : menyembelih kuda untuk kurban, maka tidak sah, Sebab yang boleh dijadikan kurban adalah onta, sapi dan kambing. Dan ia menyalahi ketentuan syariat dalam jenisnya.

Ketiga : Kadar (Bilangan). Contoh menambah bilangan raka’at, misalnya shalat dzuhur 5 rakaat umpamanya, maka shalatnya tidak sah.

Keempat : Kaifiyah (Cara). Contoh berwudlu dengan membasuh tangan, lalu muka, maka tidak sah wudlunya, karena tidak sesuai dengan cara yang telah ditentukan oleh syariat.

Kelima : Waktu. Contoh menyembelih kurban pada 1 Dzul Hijjah, maka kurbannya tidak sah, karena waktu melaksanakannya tidak sesuai syariat.

Keenam : Tempat. Contoh beri’tikaf di tempat selain masjid, maka tidak sah i’tikafnya, sebab tempat I’tikaf itu hanyalah di masjid. Atau thowaf di luar masjid Al-Haram dengan alasan karena di dalam masjid sudah penuh,

Kesimpulan, bahwa ibadah tidak termasuk amal shaleh, kecuali jika memenuhi dua syarat, yaitu : Pertama, ikhlas. Kedua, mutaba’ah (mengikuti tuntunan Rasul). Dan mutaba’ah tidak akan tercapai, kecuali dengan enam perkara yang telah diuraikan tadi.

Syaikh Muhammad Bin Shaleh Al ‘Utsaimin Rohimahulloh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s