Home

Adikku, inilah diantara keutamaan sholat berjamaah di Masjid.

Tidak sepatutnya kita meninggalkannya (bagi laki-laki yang telah akhil baligh).

  • Dari Ibnu Umar ra bahwasanya rasulullah bersabda: shalat berjamah lebih utama daripada shalat sendirian dengan tujuh puluh derajat.Dalam riwayat lain: dengan dua puluh lima derajat. Muttafaq alaih ([1]). 
  • Dari Abu Hurairah ra berkata: rasulullah saw bersabda: ((barangsiapa yang bersuci di rumahnya, kemudian pergi ke salah satu rumah Allah, untuk melaksanakan salah satu kewajiban terhadap Allah, maka kedua langkahnya yang satu menghapuskan kesalahan, dan yang lain meninggikan derajat)) ([2]). 
  • Dari Abu Hurairah bahwasanya nabi saw bersabda: (barangsiapa yang pergi ke masjid di waktu pagi atau di waktu sore, maka Allah menyiapkan baginya makanan setiap kali pergi pagi atau sore) muttafaq alaih ([3]). 
  • Yang lebih utama bagi seorang muslim, shalat di masjid tempat ia tinggal, kemudian masjid lain yang lebih banyak jamaahnya, kemudian berikutnya yang lebih jauh, kecuali masjidil haram, masjid nabawi, dan masjidil aqsha, karena shalat pada masjid-masjid tersebut lebih utama secara mutlak. 
  • Boleh shalat berjamaah di masjid yang telah didirikan shalat berjamaah pada waktu itu. 
  • Orang-orang yang berjaga di pos pertahanan disunnahkan shalat di satu masjid, apabila mereka takut serangan musuh jika berkumpul, maka masing-masing shalat di tempatnya.

([1]) HR. Bukhari no (645) (646), Muslim no (650) (649).
([2]) HR. Muslim no (666)
([3]) Shahih Bukhari no (662), Muslim no (669).

About these ads

3 thoughts on “Keutamaan Sholat Berjamaah di Masjid

  1. Terima kasih atas artikelnyanya, semoga Allah membalas kebaikan anda. Ikut merlengkapi ya:
    Seorang ulama bernama Muhammad bin Sama’ah ra. Adalah salah satu contoh orang yang mengutamakan shalat berjamaah. Beliau berkata: “Selama 40 tahun saya belum pernah tertinggal takbir yang pertama bersama imam dalam shalat berjamaah. Hanya sekali saja tidak mengikuti takbir itu, yaitu ketika ibu saya meninggal dunia, karena sibuk dalam pengurusan jenazahnya.”

    Dikisahkan, bahwa suatu ketika beliau pernah tertinggal shalat berjamaah. Karena beliau mengetahui bahwa pahala shalat berjamaah itu 25 kali lebih utama, maka beliau mengulangi shalatnya sendirian sebanyak 25 kali untuk mengganti kerugiannya. Dalam tidurnya beliau bermimmpi, ada orang berkata kepadanya, “Wahai Muhammad, kamu telah mengulangi shalatmu 25 kali, tetapi bagaimanakah dengan aminnya para malaikat?”

    Deterangkan dalam beberapa hadis, bahwa apabila imam mengucapkan amin setelah membaca fatihah, maka para malaikat pun mengucapkan amin. Apabila bacaan amin yang diucapkan seseorang itu berbarengan dengan aminnya para malaikat, maka akan diampunilah segala dosa-dosanya yang telah lalu. Hal ini hanya bisa terjadi dalam shalat berjamaah.

    Begitulah contoh yang dilakukan oleh orang sholeh. Begitu besarnya perhatian beliau dalam melaksanakan shalat berjamaah. Beliau mengulangi shalat itu sampai 25 kali, ketika beliau tertinggal shalat berjamaah. Luar biasa, sangat sulit untuk ditiru. Rasulullah SAW dan para shabatnya selalu mencontohkan, bagaimana mereka selalu melakukan shalat secara berjamaah. Dikisahkan bahwa Umar bin Khattab ra. ketika tertinggal shalat berjamaah beliau mengucapkan: “innalillahi wainnailaihi roji’uun”, dan beliau pun mengganti kerugian itu dengan menyedekahkan kebun kurmanya.

  2. setau saya sholat paling baik buat wanita adalah d rumah , nah klo diatas adalah bnyk brcerita faedah sholat dmasjd khususx buat laki2 lalu bgmn dngan perempuan yg sholat drumah. Ap keutamaan tw kelebhn2x?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s