Nasihat Singkat untuk Pemuda

Standard

Wahai para pemuda dan pemudi, “Ingatlah dirimu dan masa depanmu yang masih panjang. Jangan kalian menyalahgunakan waktu kalian untuk berleha-leha di dunia. Ingatlah bahwa hidupmu di dunia hanya satu kali dan tidak akan pernah terulang untuk kedua kalinya. Janganlah kalian terpedaya dengan ajakan teman kalian untuk menghabiskan waktu kepada hal-hal yang tidak bermanfaat. Sebaik-baik teman adalah teman yang mampu mengajakmu untuk ta’at kepada Allah dan Rasul-Nya. Tidakkah kalian ingat dengan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

“Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang akan dia lakukan untuk hari esok, dan bertakwalah kepada Allah sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu lakukan”. (QS. Al-Hasyar:18 )

Jagalah matamu dari melihat apa-apa yang dilarang oleh Allah, jagalah pendengaranmu dari mendengar hal-hal yang dilarang oleh Allah, dan jagalah seluruh nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang engkau dapatkan dengan mensyukurinya dan timbanglah kebenaran dengan Al-Qurân dan As-Sunnah dan akal sehatmu, janganlah kamu timbang suatu kebenaran dengan hawa nafsu dan perasaanmu.

Referensi: “Ringkasan terjemahan dari makalah Nilai Waktu dalam Kehidupan Seorang Muslim, Kitab ad-Durus Ramadhaniyah oleh tim pembahas Ilmu dari Yayasan Haramain.”

Sumber : dareliman.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s