Haruskah Kita Takut Terhadap Syirik?

Standard

Adikku, bersihnya tauhid tentunya disertai rasa takut terjerumus ke dalam lembah kesyirikan. Di samping karena bahaya syirik yang demikian dahsyatnya juga realita yang ada bahwa orang-orang yang dicintai Allah mereka takut terhadap bahaya syirik, diantaranya : 

1. Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam.Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam memohon perlindungan kepada Allah dari bahaya syirik. Ini membuktikan bahwa beliau takut terjerumus ke dalamnya dengan berdo’a: “Ya Allah aku berlindung dari berbuat syirik sementara aku tahu dan aku memohon ampun kepada-Mu dari dosa yang aku tidak sadari.” (Hadits hasan riwayat Imam Ahmad)  

2. Nabi Ibrahim ‘alaihis salam.Dalil yang membuktikan bahwa Nabi Ibrahim takut terjerumus ke dalam syirik adalah do’a beliau memohon dijauhkan dari kesyirikan seperti difirmankan Allah: “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: ‘Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala. Ya Tuhan-ku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia.’” (QS. Ibrahim: 35-36) 

3. Para sahabat dikhawatirkan terjerumus ke dalam syirik. Nabi shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesuatu yang aku khawatirkan kepada kamu sekalian adalah perbuatan syirik kecil.” Ketika ditanya tentang maksudnya, beliau menjawab: Yaitu riya’.” (HR. Imam Ahmad, Ath Thabarani, Ibnu Abi Dunya dan Al Baihaqi dalam kitab Az Zuhd).  

Jika orang-orang yang dicintai Allah saja masih takut terhadap bahaya syirik, tentunya kita semua yang miskin ilmu dan iman harusnya tidak merasa aman dari bahaya syirik. Sangat memungkinkan bagi kita terjerumus ke dalam syirik akbar apalagi syirik ashghar, baik disadari atau tidak.

Sumber : muslim.or.id, penulis : ustadz abu isa abdullah bin salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s