Akibat Buruk Perbuatan Menyelisihi Sunnah

Standard

Sungguh dampak perbuatan menyelisihi sunnah begitu besar, diantaranya: 

1. Amalnya Tertolak.“Barangsiapa melakukan amalan yang tidak ada perintahnya dari kami, maka itu amalan itu tertolak.” (HR. Bukhari Muslim). Alangkah meruginya orang yang berbuat bid’ah. Ia menganggap amalnya itu dapat mengantarkannya ke surga, tapi hakikatnya ia telah menempuh jalan kesesatan yang menghantarkan ke dalam jurang neraka. Perhatikanlah firman Allah tentang orang yang paling merugi, “Yaitu orang-orang yang berbuat kesesatan tatkala hidup didunia sedangkan mereka mengira berbuat kebaikan.” (Al Kahfi: 104) 

2. Termasuk orang terlaknat.“Barangsiapa mengada-adakan suatu perkara yang baru (bid’ah) atau mendukung pelaku bid’ah maka akan mendapatkan laknat Allah, para malaikat dan manusia semuanya.” (HR. Bukhari dan Muslim) 

3. Pelaku bid’ah tidak akan diterima taubatnya.“Sesungguhnya Allah mencegah pelaku bid’ah melakukan taubat.” (HR. Thabrani, Baihaqi). Hal ini dikarenaka pelaku bid’ah tidak sadar bahwa dirinya telah berbuat dosa dengan perbuatan bid’ahnya bahkan menyangka telah berbuat amal yang saleh, maka menjadi terbaliklah baginya antara yang benar dan yang salah. 

 

Adikku sekalian, mengingat begitu besar bahaya menyelisihi sunnah/berbuat bid’ah maka menjadi kewajiban bagi kita untuk berhati-hati tidak membuat cara-cara baru dalam beragama.  

Sungguh, jika kita mau melaksanakan apa yang sudah dicontohkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, niscaya cukup bagi kita. Semoga Allah membersihkan amal kita dari noda-noda bid’ah dan memasukkan kita ke dalam orang-orang yang berbuat shalih.  

Sumber : muslim.or.id, penulis : Abu Abdillah Rudi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s