DIMANA ALLAH ?

Standard

Dari Mu’awiyah bin Al Hakam As Sulami, ia berkata : ’Aku mempunyai seorang sahaya wanita yang menggembalakan dombaku di daerah Uhud dan Al Jawaniyah. Pada suatu hari aku menguntit untuk melihatnya, ternyata ada seekor serigala yang menyeret seekor domba gembalaannya, padahal aku ini adalah satu dari anak Adam juga; aku bisa merasa iba sebagaimana mereka semua juga merasa iba. Tapi aku sempat menampar dia sekali tamparan. Kemudian aku datang menemui Rasulullah Shallallahu ’Alaihi wa Sallam dan beliau mengecamku gara-gara perbuatan itu. Kukatakan, ’Wahai Rasulullah, tidakkah sebaiknya aku merdekakan saja?’ Beliau menjawab, ’Coba suruh dia kemari’. Setelah ia datang, beliau bertanya kepadanya, ’Dimanakah Allah?’ Dia menjawab, ’Di langit’. Beliau bertanya lagi, ’Siapakah aku?’ wanita itu menjawab, ’Engkau adalah utusan Allah’. Akhirnya beliau bersabda, ’Merdekakanlah ia, sesungguhnya ia wanita beriman’. [HR Muslim dan Abu Dawud] 

Adikku, beberapa pelajaran yang bisa dipetik dari kisah ini :

  1. Jika menghadapi masalah, para sahabat selalu bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ’Alaihi wa Sallam untuk mendapatkan jawaban dan kebenaran.

  2. Wajib berhukum dengan hukum Allah dan Rasul-Nya.

  3. Rasulullah Shallallahu ’Alaihi wa Sallam tidak setuju dengan perbuatan sahabatnya yang menampar budak, dan ini bukan masalah yang sepele.

  4. Bahwa Allah berada di Arsy-Nya. Mengetahui hal ini adalah wajib.

  5. Dzat Allah tidak berada di mana-mana. Allah bersama kita dengan ilmu-Nya, bukan dengan Dzat-Nya.

  6. Iman baru dianggap sah, jika kita bersaksi atas kerasulan Muhammad Shallallahu ’Alaihi wa Sallam.

  7. Rasulullah Shallallahu ’Alaihi wa Sallam tidak mengetahui yang ghaib, sehingga ia bertanya kepada budak tadi untuk mengetahui keimanannya.

 

(Rukun Iman & Islam, Syaikh Muhammad Jamil Zainu, hal 26) 

Leave a Reply

