APA YANG MUSTI KITA PELAJARI DULU?

Standard

Ilmu apa yang harus dipelajari? Yaitu ilmu yang bermanfaat, yang dapat mewariskan kebaikan dan barakah kepada penuntutnya baik di dunia ataupun di akhirat, yang dapat menjadikan amalnya baik dan benar.  

  1. Kitabullah. Ilmu yang pertama serta utama yang sekaligus sebagai dasar, sumber dan pedoman yang agung bagi ilmu-ilmu yang lainadalah Al-Qur’an. Marilah Al-Qur’an kita baca, kita pelajari isinya dan kita amalkan apa yang terkandung di dalamnya.  
  2. Sunnah Rasulullah j, setiap apa yang datang dari Nabi berupa ucapan, perbuatan, atau persetujuan. Kita berkewajiban untuk mencontoh Nabi, karena beliau adalah suri teladan yang baik bagi kita.  
  3. Aqidah atau Ilmu tauhid. Ilmu ini memiliki kedudukan yang tinggi, karena merupakan syarat pertama diterimanya amal. Pelajarilah dengan sebenar-benarnya, agar diri kita tidak terkena noda syirik.  
  4. Ilmu tafsir. Untuk memudahkan kita memahami ayat-ayat. Pelajarilah kitab tafsir yang penulisnya memiliki aqidah yang shahihah dan komitmen terhadap hadits-jadits yang shahih.
  5. Ilmu fiqh. Bila tidak dipelajari secara benar, maka ibadah yang kita lakukan bisa sia-sia, terutama yang setiap hari kita kerjakan : thaharah, shalat, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s