Putra-Putri Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Standard

Rasulullah SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM memilik tiga orang putra yaitu:

1. Al-Qasim, dilahirkan di Makkah sebelum Muhammad diangkat menjadi Nabi. Al-Qasim meninggal di Mekah pada usia dua tahun. Namun menurut Qatadah, Al-Qasim meninggal ketika ia sudah bisa berjalan.

2. Abdullah, dinamakan juga dengan at-Thayyib (yang baik) dan at-Thahir (yang suci) karena ia dilahirkan sesudah Islam. Ada pendapat yang mengatakan bahwa at-Thayyib dan at-Thahir ini adalah putra Rasulullah SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM yang lain, namun pendapat pertama adalah yang benar.

3. Ibrahim, dilahirkan dan wafat di Madinah tahun sepuluh hijriah pada usia tujuh belas atau delapan belas bulan. Ada pendapat yang mengatakan Rasulullah SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM memiliki putra lain yang bernama Abdul Uzza tapi pendapat ini sangat lemah karena Allah SWT telah mensucikan dan melindungi Nabi SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM dari hal demikian (penamaan anak Abdul Uzza yang berarti hamba Uzza nama salah satu berhala Quraisy-pentj.)

Putri-putri Rasulullah SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM
1. Zainab, menikah dengan Abu Al-Ash bin Rabi’ bin Abdul Uzza bin Abdul Syams sepupu Zainab, karena ibunya adalah Hala binti Khuwailid (saudara dari Khadijah binti Khuwailid). Zainab mempunyai anak bernama Ali yang meninggal waktu kecil dan Umamah yang digendong oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam waktu shalat dan setelah dewasa menikah dengan Ali bin Abi Thalib setelah Fatimah wafat.

2. Fatimah, menikah dengan Ali bin Abi Thalib. Dari pernikahan tersebut Fatimah melahirkan Hasan, Husain, Muhassin yang meninggal waktu kecil, Ummu Kultsum yang menikah dengan Umar bin Khattab, dan Zainab yang menikah dengan Abdullah bin Ja’far bin Abi Thalib.

3. Ruqayyah, menikah dengan Ustman bin Affan. Meninggal di pangkuan Ustman. Ustman lalu menikahi Ummu Kultsum (adik Ruqayyah) yang juga meninggal di pangkuannya. Ruqayyah memiliki seorang putra yang bernama Abdullah sehingga Ustman dipanggil dengan kunyah Abu Abdullah.
Putri-putri Rasulullah SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM empat orang tanpa ada perbedaan pendapat ulama mengenai hal ini sedangkan putra-putranya tiga orang berdasarkan pendapat yang benar.
Urutan putra-putri Rasulullah SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM adalah sebagai berikut: Al-Qasim, Zainab, Ruqayyah, Fatimah, Ummu Kultsum, Abdullah, dan Ibrahim yang lahir di Madinah. Semuanya adalah putra-putri dari Khadijah kecuali Ibrahim yang lahir dari Maria Al-Qibtiyah dan semuanya meninggal sebelum Muhammad menjadi rasul kecuali Fatimah yang meninggal enam bulan setelah kematian Rasulullah SHALLALLAHU ‘ALAIHI WA SALLAM.

About these ads

One response »

  1. Bismillah, inilah jawabanku.
    Istri-istri Rosululloh
    1.Khadijah r. A.
    2.Ummu Salamah binti Abu Umayyah
    3.Hafshah binti Umar bin Khattab
    4.Aisyah binti Abu Bakar
    5.Saudah binti Zum’ah
    6.Zainab binti Jahsy
    7.Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan
    8.Juwairiyyah binti Al-Harits al-Khuzaiyyah
    9.Shafiyyah binti Hayyi Akhtab
    10.Maimunah binti Al-Harits
    11.Zainab binti Khuzaimah bin Harits
    12.Mariyah al-Kibtiyyah

    Putra-putri Rosululloh
    1.Al-Qasim
    2.Abdullah
    3.Ibrahim
    4.Zainab
    5.Fatimah
    6.Ruqayyah
    7.Ummu Kultsum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s